HOME KOKO KURTA SIRWAL CARA ORDER AGEN & GROSIR PROMO ARTIKEL

DETIL ARTIKEL SAKHOSA

Daftar Artikel > Detil Artikel

Mengenal Bahan Kain Katun: Proses, Karakter dan Jenisnya

Kain katun merupakan bahan yang terbuat dari serat kapas dan sering dipakai untuk dijadikan pakaian dan paling banyak diminati. Kain katun ini juga salah satu jenis kain yang paling familiar di telinga kita dibanding jenis-jenis kain lainnya. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Tapi memang penggunanya yang dapat dengan mudah kita temui dimana-mana. Seperti pada bahan pakaian keseharian kita misalnya, yaitu pada bahan kaos dan juga kemeja.

Proses Pembuatan Bahan Kain Katun
Bahan kain katun ini adalah istilah yang digunakan untuk menyebut produk tekstil yang terbuat dari serat kapas, baik benang maupun kainnya. Bahan kain katun ini adalah bahan kain yang diperoleh dari serat halus yang menyelubungi biji tanaman kapas. Serat kapas pada tahap berikutnya dapat diproses dengan cara dipintal menjadi helaian benang katun sebelum ditenun menjadi lembaran kain katun.

Kain katun terbuat dari bahan-bahan serat alami tumbuhan kapas atau yang mempunyai nama latin “gossypium” dan kemudian diolah menjadi benang. Bahan katun ini termasuk bahan alami yang paling banyak dipakai untuk pakaian.

Katun adalah bahan yang paling banyak diproduksi di dunia. India memproduksi kain katun hingga 6.423.000 metric ton di tahun 2019 kemarin. Kemudian disusul oleh China dengan 5.933.000 metric ton dan terakhir Amerika dengan 4.336.000 metric ton.

Tanaman kapas memang banyak tumbuh sendiri di berbagai negara, seperti India, Cina, Amerika, Brazil dan negara Pakistan sebagai produsen kapas terbesar di dunia. Proses pembuatan kain ini sebenarnya tidak mudah, yang diawali dengan memilah kapas untuk membuat kapas menjadi serat kapas yang panjang. Dan kemudian melalui proses yarning yang membuat kapas menjadi benang, lalu dicelupkan untuk mendapatkan warna apa yang diinginkan, kemudian weave knit untuk menjadi kain.

Bagi juragan yang ingin membuat pakaian, juragan bisa mencobanya dengan menggunakan kain katun sebagai bahan dasar untuk membuat pakaian. Jenis kain katun sendiri juga sangat bervariasi, namun kain ini tetap memberikan kualitas yang sangat baik. Kain katun ini bisa juragan temui di Weva Textile dengan pilihan warna yang sangat lengkap. Tidak hanya digunakan sebagai bahan busana, kain katun ini juga bisa juragan gunakan sebagai baju bayi, taplak, dan lain sebagainya.


Sifat dan Karakteristik Kain Katun

Umumnya kain katu bersifat kuat dan tahan lama. Selain itu dikenal punya sifat menyerap keringat yang baik serta nyaman digunakan. Berikut penjelasan lengkapnya.

- Kain katun memiliki sifat kuat dan juga tahan lama. Namun, juragan juga harus merawatnya dengan cara yang benar dan tepat.
- Tektur dari kain katun ini sendiri punya teksur yang halus dan lembut karena bahannya dibuat dari serat alami dari serat kapas.
- Kain katun ini juga tidak akan membuat juragan alergi ataupun kulit iritasi.
- Bahan katun ini juga mempunyai kemampuan yang dapat menyerap keringat dengan baik.
- Kain berbahan katun juga bisa dipakai di berbagai jenis cuaca seperti Indonesia ini yang memiliki iklim kemarau dan juga hujan.

Pakaian yang berbahan katun juga akan membaut sensasi dinginketika bersentuhan dengan kulit. Tentunya hal tersebut akan membuat nyaman untuk dipakai. Dan juga ada beberapa jenis katun yang mempunyai permukaan yang mengkilap.


Keunggulan Dari Bahan Katun

Jika anda melihat sekilas karakteristik yang dimiliki oleh kain katun, pasti juragan sudah tau apa saja keunggulan yang dimiliki oleh jenis bahan katun satu ini. Namun tidak salah jika keunggulannya akan kita bahas secara mendalam dengan maskud agar juragan lebih mengetahui secara detail apa saja kelebihannya. Mari kita simak!

- Kainnya yang lebih nyaman
Kelebihannya yang pertama yaitu kenyamanan pada kain ini bagi pemakainya akan terasa lebih ekstra. Karena karakteristik kain ini yang lembut dan tidak kasar sama sekali ketika dikenakan. Sehingga juragan tidak perlu kawatir kulit juragan merasa sensitif atau alergi karena kain katun.

- Kainnya yang terasa adem
Selain kelembutan kainnya, bahan katun ini memberikan kenyamanannya karena memberikan sensasi sejuk dan juga adem. Jadi tidak heran apabila jenis kain ini digunakan sebagai bahan pembuatan kaos. Bahkan juga masih cocok apabila digunakan dalam keadaan yang panas sekalipun.

- Bahan kainnya yang kuat
Kain katun ini memiliki daya tahan dan keawetan yang lebih tinggi, karena bahannya yang kuat. Bahan yang digunakan sangatlah tahan lama sehingga tidak mudah robek ketika saat digunakan, dan tentunya juga aman untuk juragan bawa pada aktivitas yang banyak gerakan.

- Menyerap keringat yang baik
Kelebihan selanjutnya yaitu, mudah untuk menyerap keringat dan juga menyerap air. sehingga juragan tidak perlu kawatir menimbulkan bau yang apek saat digunakan aktivitas yang banyak menimbulkan keringat. Tentunya bahan kain ini memberikan kenyamanan yang baik karena tidak akan membuat pemakainya menjadi bau apek.

- Tidak membuat alergi kulit
Karena kainnya yang memiliki serat-serat halus, tentunya hak itu bisa meminimalisir alergi akibat adanya gesekan antar kulit dengan bahan kain. Dan faktor karakteristiknya yang mempunyai daya serap keringat dengan baik sehingga terhindar dari bakteri.


Jenis Jenis Kain Katun

- Katun Jepang
Kain katun jepang adalah jenis kain yang terbuat dari 90 hingga 100% serat kapas. Jenis katun ini memiliki kualitas yang sangat baik atau premium. Tentunya tidak heran jika bahan katun jepang ini sangat lembut jika digunakan, dan harga yang dijual pun juga lumayan tinggi. Biasanya kain jepang ini memiliki motif yang cerah dan memiliki banyak pilihan warna. Contoh kain katun jepang dalam bentuk produk adalah sprei, bedcover dan juga terkadang dijadikan cover bantal.

- Katun Linen
Harga kain linen ini terbilang cukup mahal, hal itu dikarenakan kain linen ini proses pembuatannya yang cukup rumit. Dengan teksturnya yang lembut, agak kaku, dan juga terasa dingin saat digunakan. Kain linen ini biasanya sering digunakan untuk membuat pakaian yang berbentuk casual, baik untuk pria maupun wanita.

- Katun Flanel
Tentunya sudah banyak yang tau jika kain flanel ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kemeja. Karakteristik dari kain flanel yang tebal, karena kainnya yang terbuat dari bahan kain wol. Sehingga dapat memberikan sensasi rasa hangat ketika juragan menggunakannya, dan juga ada kesan yang lembut.

- Katun Rayon
Jenis kain katun rayon, bahannya terbuat dari bahan campuran sintetis yaitu campuran dari serat rayon dan juga serat kain kapas. Bahan rayon ini memiliki ciri khas ketika digunakan akan terasa sejuk dikulit, selain itu memiliki beban yang ringan, nyaman, dan juga tidak licin. Permukaan kainnya juga lebih berkilau. Bahan katun rayon ini sering dipakai untuk membuat daster.

- Katun Silk
Ciri ciri kain katun silk adalah memiliki tekstur yang halus, lembut, dan juga sedikit licin saat digunakan. Hal itu disebabkan karena bahan kain ini tersusun dari serat sutra, nylon, atau polyester. Bahan silk ini seringkali digunakan sebagai bahan untuk membuat gaun ataupun rok. Karena bahannya yang terlihat lebih licin, dan juga memancarkan aura elegan kepada pemakainnya.

- Katun Combed
Jenis katun combed, memiliki karakteristik yang tidak berbulu. Karena cara pembuatan combed bisa meisahkan serat-serat kapas panjang dan juga serat pendek. Hal ini juga sering disebut sebagai metode sisir.

- Katun Madinah
Jenis katun yang satu ini memiliki karakteristik serat kain yang sangat rapi. Sehingga memiliki sifat yang sangat lembut, adem dan tidak menerawang. Karenanya jenis kain yang ini sangat diminati untuk sebagai bahan dress maupun gamis muslimah di Indonesia. Sifat kainnya yang jatuh dan adem saat digunakan sangat cocok di kondisi cuaca panas seperti di Indonesia.

- Kain Katun Supernova
Umumnya kain katun jenis ini memiliki tekstur misty. Selain itu sifatnya yang juga adem, ringan serta mudah menyerap keringat juga sangat cocok untuk iklim tropis seperti di Indonesia. Kain katun supernova seringkali dijadikan bahan dasar pembuatan gamis, kemeja, tunik, bahkan rok wanita.

- Kain Katun Paris
Terbuat dari 100% serat katun dan umumnya ketebalan kain ini cukup tipis. Selain itu permukaan kain ini terlihat mengkilap jika dibandingkan dengan kain katun biasanya. Kebanyakan kain katun paris ini sering digunakan pada berbagai produk jilbab.


Sumber : wevatextile.com

Judul Artikel Lainnya

Bahan Kain Ripstop, Karakter dan Jenisnya

Bahan ripstop adalah bahan kain yang mempunyai permukaan tekstur kotak-kotak. Bahan kain ini termasuk kain tenun yang umumnya terbuat dari benang nilon yang diproses dengan hatchback stich (silang balik), hasil akhirnya tekstur kotak-kotak...

Baca Lebih Banyak Klik Disini >

Koko Kurta, Koko Pakistan yang Paling Dicari

Pergeseran tren fashion tiap tahunnya terus mengalami perkembangan. Termasuk juga tren fashion pada kaum pria yang selalu baru. Meskipun tidak seperti tren kaum wanita yang selalu beraneka macam dan warna. Salah satunya adalah tren baju koko. Baju koko yang saat ini sedang tren adalah koko kurta Pakistan.
Modelnya yang sederhana dan elegan membuatnya menjadi incaran kaum pria. Dibandingkan koko pada umumnya, koko kurta memiliki karakteristik yang berbeda...

Baca Lebih Banyak Klik Disini >

ORDER / INFORMASI :
0821 3923 2644

Shopee : Sakhosa
Instagram : sakhosa.official
Copyright 2022 - SAKHOSA
Web Development by Rupo Desain