HOME KOKO KURTA SIRWAL CARA ORDER AGEN & GROSIR PROMO ARTIKEL

DETIL ARTIKEL SAKHOSA

Daftar Artikel > Detil Artikel

Bahan Kain Ripstop, Karakter dan Jenisnya

Bahan ripstop adalah bahan kain yang mempunyai permukaan tekstur kotak-kotak. Bahan kain ini termasuk kain tenun yang umumnya terbuat dari benang nilon yang diproses dengan hatchback stich (silang balik), hasil akhirnya tekstur kotak-kotak. Proses ini yang membuat kain menjadi lebih kuat dan tahan sobek.

Bahan Ripstop mempunyai karakter diantaranya :
- Motif permukaan kotak-kotak
Berbagai jenis bahan kain ripstop bertekstur kotak-kotak pada seluruh permukaannya. Jika tidak bermotif kotak-kotak pada permukaannya maka bukan termasuk bahan ripstop.
- Serat rapat dan kuat
ada beberapa jenis jenis bahan kain ripstop relatif tipis, tapi tetap tergolong kain yang kuat. Tenunan silang balik membuat rajutan benang rapat dan tidak mudah robek.
- Permukaan bahan ripstop menolak air tapi masih bisa tembus
Rajutan benang yang rapat juga membuat bahan kain ripstop bersifat menolak air. Tapi jika jika air menggenang apalagi dalam jumlah banyak, air tetap bisa menembus kain.
- Ringan dan cepat kering
Karakteristiknya ringan kain ini banyak diminati konsumen. Pakaian dengan bahan kain ripstop tidak membatasi gerak dan aktivitas Anda.


Pengaplikasian bahan kain ripstop tidak terbatas untuk baju saja. Pada awalnya kain ini umum dipakai untuk seragam militer karena kainnya yang durabel. Pada masa kini kain ripstop sering dijadikan bahan kemeja untuk kegiatan out door, taktikal, PDL, PDH, kanopi, rompi, beanbag, hammock, celana ripstop, celana sirwal dll.


Beberapa Jenis Kain Ripstop yang Sering Digunakan
Kain ripstop sebenarnya tidak hanya terbuat dari nilon. Beberapa jenis memiliki bahan dasar yang berbeda. Berikut ini kami jabarkan beberapa jenis kain ripstop.

1. Kain Ripstop TR
Jenis ini memiliki fungsi yang sama dengan kain drill. Terbuat dari campuran serat Teteron dan Rayon, karena itu penamaannya juga singkatan dari nama bahan tersebut. Jenis ripstop TR cocok untuk membuat seragam kerja PDL, PDH, celana cargo, celana sirwal, totebag, dll.

2. Ripstop Parasut
Bahan ripstop parasut terbuat dari campuran serat nilon dan polypropylene. Dan terdapat lapisan coating anti air pada bagian belakang kain. Karena itu kain ini bersifat water repellent (menolak air dan mengalirkannya seperti sifat daun talas). Kain ini cocok untuk bahan membuat jaket anti air, tenda, beanbag, cover mobil, tas ransel, dll.

3. Ripstop Polyester
Sesuai namanya jenis ripstop ini terbuat dari serat polyester yang dicampur serat cotton. Jenis ini sama dengan kain ripstop TR, biasanya dipakai untuk bahan seragam, celana, dan kanopi. Namun dengan kualitas di bawah ripstop TR.

4. Ripstop Nilon
Bahan dasarnya dari benang nilon. Memiliki sifat menolak air dan air tidak mudah meresap. Kelebihan lainnya adalah kain ini cukup lentur sehingga bisa dipakai untuk membuat kanopi dan bean bag.

5. Ripstop Poplin
Kain ripstop poplin awalnya digunakan untuk seragam militer. Tidak hanya untuk baju, namun juga tas yang dipakai prajurit. Namun sekarang penggunaannya lebih luas dan tidak terbatas untuk militer. Jenis ripstop poplin terbuat dari 100% serat cotton / katun. Kain ini mudah menyerap keringat dan tidak membuat gerah.

6. Ripstop Canvas
Sama persis dengan bahan can vas lain namun dengan tekstur pemukaan kain kotak-kotak. Jenis ini cenderung tebal dan sangat awet dipakai. Cocok untuk dijadikan tas dan celana. Sedangkan untuk dijadikan baju terlalu tebal dan kurang cocok.

Sumber : wevatextile.com

Judul Artikel Lainnya

Mengenal Bahan Kain Katun: Proses, Karakter dan Jenisnya

Kain katun merupakan bahan yang terbuat dari serat kapas dan sering dipakai untuk dijadikan pakaian dan paling banyak diminati. Kain katun ini juga salah satu jenis kain yang paling familiar di telinga kita dibanding jenis-jenis kain lainnya. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Tapi memang penggunanya yang dapat dengan mudah kita temui dimana-mana. Seperti pada bahan pakaian keseharian kita misalnya, yaitu pada bahan kaos dan juga kemeja...

Baca Lebih Banyak Klik Disini >

Koko Kurta, Koko Pakistan yang Paling Dicari

Pergeseran tren fashion tiap tahunnya terus mengalami perkembangan. Termasuk juga tren fashion pada kaum pria yang selalu baru. Meskipun tidak seperti tren kaum wanita yang selalu beraneka macam dan warna. Salah satunya adalah tren baju koko. Baju koko yang saat ini sedang tren adalah koko kurta Pakistan.
Modelnya yang sederhana dan elegan membuatnya menjadi incaran kaum pria. Dibandingkan koko pada umumnya, koko kurta memiliki karakteristik yang berbeda...

Baca Lebih Banyak Klik Disini >

ORDER / INFORMASI :
0821 3923 2644

Shopee : Sakhosa
Instagram : sakhosa.official
Copyright 2022 - SAKHOSA
Web Development by Rupo Desain